“Madu sengaja dipalsukan dengan sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) pada kadar 10%, 20%, 30%, 40%, dan 45% (b/b) Komposisi gula sebagai sidik jari ditentukan dengan HPLC untuk semua sampel. Sifat komposisi berikut ditentukan untuk madu murni dan madu palsu: kelembaban, total padatan terlarut, nitrogen, viskositas nyata, hidroksimetilfurfural (HMF), abu, natrium, kalsium, kalium, prolin, indeks bias, dan aktivitas diastatik.” – Dikutip oleh scienceDirect Journal:

Jonathan Horton, anggota 2001 tim senam Olimpiade AS, menghadapi tantangan khusus selama pelatihannya . Dia menderita masalah dengan gula darahnya, yang menyebabkan dia menjadi goyah selama latihan. Solusinya: sayang. Menurut Horton, setiap kali dia merasa lemah dan gemetar karena gula darah rendah, dia akan minum madu untuk meningkatkan gula darahnya. Kerry Walsh Jennings, peraih medali emas dalam bola voli indoor dan pantai, bersumpah demi madu. Dietnya termasuk mentega almond dan sandwich madu. Dia memakannya terutama sebelum kompetisi untuk memberinya energi.

Selama tahun-tahun terakhir 45, sejumlah besar penelitian ilmiah secara konsisten menunjukkan peran penting glikogen untuk kinerja atletik yang optimal. Glikogen adalah bagaimana tubuh menyimpan karbohidrat untuk energi di tingkat otot.

Penelitian menunjukkan korelasi antara latihan dan kompetisi dengan kandungan glikogen otot yang tinggi dan peningkatan kapasitas pengerahan tenaga dan kinerja secara keseluruhan.

Glikogen adalah sumber energi utama tubuh selama aktivitas intensitas sedang hingga tinggi

Hasil menunjukkan bahwa otot ketersediaan glikogen dapat memengaruhi kinerja selama latihan intermiten intensitas tinggi jangka pendek dan lebih lama1

(Courtesy: muscleround)

Richard Kreider, Profesor dan Kepala Departemen, Kesehatan dan Kinesiologi di Texas A&M University, melakukan tiga penelitian yang menunjukkan bagaimana madu dapat meningkatkan kapasitas latihan daya tahan.

BACA JUGA  The Flavour Game - Manis Dan Asin

Semua penelitian menunjukkan madu itu bisa menjadi alternatif, pilihan yang lebih baik bagi atlet ketahanan dan atlet kekuatan, untuk meningkatkan kinerja atletik.

dalam “Madu dan Nutrisi Olahraga: Laporan untuk American Honey Board”, 2001, Kreider menyoroti bahwa penting bagi para atlet untuk mempertahankan tingkat gula darah yang konsisten selama latihan dan kompetisi mereka. Diketahui bahwa indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan energi. Madu memiliki indeks glikemik sedang (dia mengukurnya sebagai 43 dari 100, di mana dia menempatkan roti putih).

Sumber daya:

[1] Balsom PD, Gaitanos GC, Soderlund K, Ekblom B. “Latihan intensitas tinggi dan ketersediaan glikogen otot pada manusia.” Pemindaian Acta Physiol. 1999 Apr;165(4): 165-50.

[2] Tingkatkan performa atletik dengan madu. (2001, September 25). Diakses Agustus 09, 2016, dari nutraingredients USA

[3] Mereka Makan Apa? Rahasia Makanan Atlet Olimpiade. (2012, Juli 30). Diakses Agustus 09, 2016, dari abcnews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here