Jika Anda seorang tenaga penjualan, manajer, pengusaha, pengacara pengadilan, pejuang akhir pekan, atau atlet profesional, Anda sering kali membutuhkan keunggulan untuk menampilkan potensi maksimal Anda.

Jika Anda tahu cara masuk ke zona dan bertahan di sana, Anda pasti akan memiliki keunggulan atau keuntungan yang Anda butuhkan untuk menang, mengalahkan pesaing Anda, dan menampilkan potensi terbaik Anda.

Apa Itu Zona?

Singkatnya, zona adalah keadaan konsentrasi santai di mana tidak ada kritik diri. Anda percaya diri, santai, fokus, dan hidup di masa sekarang. Selain itu, ada rasa senang, tindakan Anda tampak otomatis dan mudah dan ada peningkatan keyakinan bahwa impian Anda bisa menjadi kenyataan.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa zona sejajar dan cocok dengan keadaan pikiran yang menghipnotis.

Tiga Puluh Satu Alat yang Perlu Anda Gunakan Secara Efektif Untuk Tetap Berada di Zona

Penulis telah bekerja dengan ribuan atlet kelas dunia, atlet muda dan pejuang akhir pekan. Dia telah mengevaluasi dan membantu juara Olimpiade.

Di bawah ini Anda akan menemukan kuesioner sederhana dan sistem penilaian yang dapat digunakan oleh atlet, pelatih, dan orang tua atlet untuk memahami elemen-elemen yang membentuk zona tersebut. Pembaca artikel ini juga akan memahami apa hambatan umum untuk masuk ke zona tersebut.

Berikut pertanyaannya.

Cukup beri nilai diri Anda dari 1-10 pada setiap pertanyaan.

Anda dapat menggunakan peringkat dari nol hingga sepuluh dan Anda dapat menggunakan titik desimal. Sepuluh adalah peringkat tertinggi Anda bisa mendapatkan nol adalah peringkat terendah.

  1. Seberapa percaya diri Anda?
  2. Seberapa santai perasaan Anda?
  3. Bagaimana fokus yang Anda rasakan?
  4. Seberapa baik Anda berlatih?
  5. Seberapa tangguh yang Anda rasakan?
  6. Seberapa baik Anda tidur malam sebelum kompetisi?
  7. Apakah pola makan, tidur, dan olahraga Anda seimbang satu sama lain?
  8. Seberapa menyenangkan Anda saat berkompetisi?
  9. Bisakah Anda menenangkan kritik diri?
  10. Apakah Anda terlibat dalam self-talk positif?
  11. Apakah Anda dapat menghilangkan gangguan?
  12. Apakah Anda dapat tetap berada di saat ini?
  13. Apakah Anda memiliki rutinitas pra-pemotretan yang Anda gunakan secara konsisten?
  14. Apakah Anda memiliki “Rencana B”, jika “Permainan” Anda tidak berfungsi?
  15. Apakah Anda mengikuti dan pola makan yang masuk akal untuk tubuh dan olahraga Anda?
  • Bisakah Anda mengosongkan pikiran dan memercayai tubuh atletis Anda?
  • Bisakah Anda menenangkan pikiran untuk fokus hanya pada satu hal?
  • Apakah Anda bebas cedera?
  • Apakah Anda mampu mengendalikan masalah interpersonal atau stres?
  • Apakah Anda gunakan mantra, frasa, atau nada sederhana untuk mengatur ulang pikiran dan tubuh Anda selama sebelum, selama, dan setelah Anda bertanding?
  • Tahukah Anda bagaimana cara bangkit dari kekalahan, kemunduran, atau keterpurukan ?
  • Untuk atlet muda-Bagaimana hubungan Anda dengan orang tua Anda?
  • Pernahkah Anda melihat diri Anda di video dalam sembilan puluh hari terakhir ?
  • Apakah Anda bersyukur atas kesempatan Anda untuk menguasai olahraga atau keterampilan?
  • Apakah Anda memiliki teknik untuk bergerak dari tersedak to the zone?
  • Apakah Anda bersenang-senang berkompetisi dan berlatih?
  • Apakah Anda menetapkan tujuan dan sasaran jangka pendek dan jangka panjang yang terukur?
  • Jika Anda adalah orang yang religius atau spiritual, apakah Anda menggunakan doa sebagai bagian dari latihan Anda dan sebagai bagian dari rutinitas sebelum pertandingan?
  • Seberapa baik Anda mengelola pasang surut yang merupakan bagian dari tantangan apa pun?
  • Bagaimana apakah hubungan Anda dengan pelatih, rekan tim, dan kolega Anda?
  • Apakah Anda berlatih meditasi, visualisasi, imajinasi terbimbing atau visualisasi sebelum bertanding dan saat berlatih?

    “Idealnya, saya suka melihat atlet dengan skor 8,5 pada sebagian besar hal di atas. Delapan puluh lima persen siap, biasanya cukup untuk menghasilkan penampilan yang bagus. Jadi, skor sempurna pada tes ini adalah tentang 263.5 Jika Anda mendapatkan skor ini, ada kemungkinan Anda berada dalam kerangka berpikir yang memungkinkan Anda untuk tampil baik.

    Jika Anda menemukan kelemahan yang menyebabkan Anda kalah dalam pertandingan dan turnamen, Anda perlu mengembangkan strategi dan teknik untuk mengatasi kekurangan tersebut.

    Sulit untuk membuat perubahan seperti ini sendirian. Psikolog, pelatih, atau mentor olahraga seringkali dapat sangat membantu dalam membangun kepercayaan diri, mengurangi kecemasan, meningkatkan fokus, dan menunjukkan kepada Anda cara memasuki zona lebih sering.

    Jika skor Anda sangat rendah, Anda mungkin dapat mengambil manfaat dari beberapa konseling, pelatihan ketangguhan mental, atau pelatihan self-hypnosis.

    BACA JUGA  5 Alasan Mengapa Anak Anda Harus Berolahraga
  • LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here