Jika Anda belum mulai bermeditasi, atau berpikir meditasi adalah untuk tipe hippy dippy, tipe perasaan yang sensitif, pikirkan lagi. Dalam beberapa tahun terakhir, ilmu pengetahuan telah memunculkan segunung bukti yang membuktikan manfaat meditasi teratur. Meditasi tidak mahal namun sangat efektif. Ini meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional kita dan mungkin saja menjadi kunci menuju kehidupan yang lebih sehat dan lebih bahagia.

Berikut adalah Sembilan Alasan Teratas yang didukung sains untuk Berlatih Meditasi:

1. Meditasi membantu dalam Melepaskan Rasa Sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa menit meditasi dapat memperbaiki gejala depresi, kecemasan dan rasa sakit. Meditasi dapat digunakan untuk mengurangi nyeri kronis pada pasien. Ketika kita berlatih Meditasi, pembunuh rasa sakit alami dalam tubuh kita seperti endorfin dilepaskan dari otak kita, yang membantu meringankan rasa sakit. Mediasi juga bebas efek samping, tetapi obat pereda nyeri dapat menyebabkan efek samping yang parah termasuk tukak lambung, kantuk, kecanduan, dll.

2. Meditasi dapat digunakan untuk mengubah kebiasaan negatif

Anda dapat menggunakan meditasi untuk mengubah kebiasaan dan perilaku yang tidak Anda sukai. Penelitian dan studi ilmiah telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu Anda mengendalikan perilaku impulsif dan juga dapat membantu memprogram ulang pikiran Anda melalui sesi meditasi berulang. Ini bisa sangat membantu dan dapat mempermudah untuk menghentikan kebiasaan adiktif seperti merokok, makan impulsif, dll.

3. Meditasi Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Penyakit seperti obesitas sedang mencapai status epidemi di AS dan dengan cepat menjadi ancaman kesehatan global. Meditasi membantu Anda mengistirahatkan pikiran dan tubuh secara mendalam dan mengurangi tingkat stres, yang dapat mengurangi keinginan untuk makan. Meditasi juga membantu meminimalkan respons kita terhadap rasa sakit yang dapat meningkatkan tingkat energi kita dan membantu kita menghadapi tantangan kebugaran baru dan melakukan latihan dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan.

BACA JUGA  Sejajarkan Tubuh Anda untuk Menyelaraskan Pikiran Anda

4. Meditasi dapat digunakan untuk Meningkatkan Daya Ingat

Meditasi dapat menenangkan dan mengatur pikiran sehingga dapat mengurangi pikiran yang mengganggu dan menyimpan informasi sebelumnya yang dapat memberikan efek positif pada memori. Meditasi telah terbukti memiliki efek positif pada memori.

5. Meditasi membantu Anda membangun hubungan yang lebih baik.

Meditasi bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan hubungan Anda dengan orang-orang yang Anda cintai dan sayangi. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang bermeditasi sering cenderung mendekati pemecahan masalah dengan pasangannya dengan pola pikir positif dan dengan sedikit permusuhan. Meditasi membantu tubuh dan pikiran Anda tetap berada di masa sekarang dan Anda mengembangkan tingkat ketenangan yang bila diterapkan pada hubungan membantu mengurangi konfrontasi.

6. Meditasi membantu Anda mengatasi Ketakutan dan Fobia Anda

Ketakutan dan fobia secara negatif mempengaruhi kemampuan kita untuk mengatasi situasi tertentu. Anda dapat menggunakan meditasi untuk membangun kepercayaan diri Anda dan ini dapat membantu Anda mengubah sikap Anda terhadap ketakutan dan fobia Anda. Pemrograman ulang pikiran adalah konsep meditasi kunci, membantu Anda mengatasi ketakutan dan fobia.

7. Meditasi dapat membantu memperbaiki Gangguan Tidur

Tidur sangat penting untuk kemampuan kognitif kita. Selain menggunakan obat tidur, meditasi efektif dalam mendorong tidur. Efek menenangkan dari meditasi dapat memperbaiki insomnia dengan memberikan Anda manfaat seperti peningkatan tidur REM (Rapid eye movement) dan peningkatan kadar melatonin.

8. Meditasi Membantu Meredakan Kecemasan dan Depresi

Orang yang menderita gangguan kecemasan seperti demam panggung dapat mengambil manfaat dari Meditasi. Guru mindfulness yang terlatih dapat merawat pasien dengan kecemasan dan depresi dengan melakukan sesi meditasi yang meningkatkan kepercayaan diri dan pola pikir negatif mereka.

BACA JUGA  How to Forget to Crave Junk Food

9. Meditasi membantu Anda Mengelola Stres

Stres diketahui menyebabkan tekanan darah tinggi dan peningkatan kadar gula darah. Mengelola stres secara efektif dengan istirahat dan meditasi yang baik akan membantu meningkatkan kesehatan Anda. Meditasi dapat menenangkan tubuh dan ini menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Pengurangan stres melalui meditasi juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here