“Jiwa selalu tahu apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Tantangannya adalah membungkam pikiran.” — Caroline Myss

Seberapa sering Anda tidak menganalisis, menilai atau mengkhawatirkan sesuatu? Bagi kebanyakan dari kita, itu sangat jarang. Meditasi adalah praktik 'beristirahat' dari pikiran dan perasaan Anda. Meskipun mungkin tampak asing untuk bermeditasi, itu adalah pengalaman manusia yang alami. Sebagai janin dan bayi baru lahir, kami menghabiskan sebagian besar waktu kami di tempat yang tenang. Saat-saat pertama kehidupan kita adalah menjadi dan tidak melakukan. Pada tingkat tertentu, kita semua mendambakan apa yang kita alami saat memulai perjalanan hidup.

Saya telah bermeditasi sejak saya mungkin 000 tahun. Saya telah menemukan bahwa meditasi adalah apa yang telah membuat saya melalui tantangan terberat dalam hidup saya, termasuk sekolah kedokteran dan residensi. Saat Anda berada dalam kondisi kurang tidur dan stres tinggi, setiap hal kecil bisa jadi menjengkelkan. Ini juga merupakan alat terbaik saya melawan stres dan kekhawatiran. Meditasi telah membantu saya 'mengambil ujung kehidupan', berhenti 'memperberat hal-hal kecil', dan tidak bereaksi berlebihan. Ketika saya bermeditasi secara teratur, saya secara alami lebih hadir, dan hidup terasa lebih bermakna bagi saya.

Ribuan tahun yang lalu, sebelum teknologi, manusia menatap bintang-bintang dan menyatu dengan kesunyian hutan. Hari ini, setiap saat dipenuhi dengan layar cerah dan suara keras yang mengacaukan pikiran kita. Ditambah stres karena jam kerja yang panjang, dan jadwal yang padat, sehingga tidak ada kesempatan untuk beristirahat. Meditasi dapat memberi Anda waktu istirahat singkat dari pikiran yang tak ada habisnya. Berikut adalah dasar-dasarnya:

Ruang angkasa

– Temukan tempat yang tenang di rumah Anda untuk ditetapkan sebagai 'ruang meditasi' Anda. Ini bisa sesederhana sudut, dan hanya perlu ruang yang cukup untuk duduk dengan nyaman di lantai atau di kursi.
– Kenakan pakaian longgar dan melar yang memudahkan Anda untuk duduk dalam jangka waktu tertentu. Jaga agar suhu ruangan tetap moderat, tidak terlalu hangat atau terlalu dingin.
– Jika Anda berani berkreasi, tambahkan bantal, selimut, pencahayaan lembut, dan mungkin beberapa gambar atau kata-kata yang menggambarkan apa yang ingin Anda bawa ke dalam hidup Anda. Jadikan ruang meditasi ini sebagai rumah jiwa Anda.

Postur

– Duduk; jangan berbaring, karena terlalu mudah untuk tertidur. Anda dapat bersandar ke dinding jika Anda mau.
– Jaga agar tulang belakang tetap lurus, dan duduk bersila, dengan tumit di bawah pantat, atau di kursi.
– Bahu, leher, dan rahang rileks, dan lidah Anda dengan ringan menyentuh langit-langit atas.
– Mata bisa tertutup atau setengah tertutup.

Prosesnya: Pilih salah satu dari ini sebagai fokus Anda selama 30-90 hari, dan jadwalkan waktu 5 hingga 15 menit untuk bermeditasi setiap hari, mingguan atau kapan pun Anda bisa.

– Perhatikan napas Anda. Rasakan udara mengembang perut Anda saat Anda menarik napas, dan rasakan perut Anda rata saat Anda mengeluarkan napas. ATAU
– Menatap sebuah objek. Gunakan nyala lilin sebagai titik fokus Anda. Pastikan nyala lilin setinggi mata, sekitar 2 kaki (30cm) dari Anda. Jaga mata Anda setengah tertutup, dan dengan lembut menatapnya. ATAU
– Dengarkan meditasi terpandu atau CD citra terpandu. Rekaman biasanya terdiri dari suara lembut yang memerintahkan Anda untuk rileks. ATAU
– Ulangi mantra yang berarti bagi Anda. “So Hum” adalah bahasa Sansekerta untuk “Aku”. Ulangi ini, atau kata lain yang memiliki arti khusus bagi Anda, saat Anda menarik dan menghembuskan napas.

Meskipun ada banyak jenis meditasi lainnya, ini adalah beberapa yang paling mudah untuk memulai. Jangan ragu untuk memulai dengan orang lain jika Anda merasa lebih nyaman dengan gaya tertentu. Kelas meditasi ditawarkan di mana-mana akhir-akhir ini, lihat Insight Meditation Society, atau The Art of Living. Anda mungkin ingin melihat banyak aplikasi seperti Omvana atau Ananda Deepak Chopra, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan meditasi terpandu Anda.

Anda tidak dapat bermeditasi dengan tidak benar. Mirip dengan seni atau tari, Anda akan memiliki ekspresi Anda sendiri melalui meditasi. Ini adalah pengalaman kreatif yang unik bagi individu yang berpartisipasi di dalamnya, dan karena alasan itu, memiliki hasil individual. Beberapa menemukan bahwa meditasi memberi energi, sementara yang lain merasa santai. Lebih dari 3, 000 penelitian telah menemukan banyak manfaat fisik dan emosional. Temukan jenis meditasi yang tepat untuk Anda, dan lakukan latihan teratur. Seiring waktu, Anda akan menuai hasilnya, dan mengalami kembali ketenangan batin Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini